SUMBER DAYA MANUSIA BAGI
ORGANISASI KEWIRASWASTAAN
Nama : Faza Dhifan Pratama
NPM : 32416734
Kelas : 4ID03
JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2020
- Langkah-Langkah
Penyediaan Sumber Daya Manusia
Untuk menyediakan sumber daya
manusia yang tepat bagi organisasi kewirausahaan ketika berbagai posisi menjadi
terbuka atau lowong, manajer hendaknya mengikuti empat langkah berurutan,
yakni:
● Perekrutan
● Seleksi
● Pelatihan
● Penilaian hasil kerja
- Sumber dari SDM
Disamping suatu pengetahuan yang
mendalam mengenai posisi organisasi yang akan diisi, wirausahawan harus mampu
menunjukkan sumber dari sumber daya manusia. Suatu kendala didalam menemukan
hal ini adalah kenyataan bahwa suplai individu yang akan dipilih pada pasar
tenaga kerja senantiasa berubah; pada dasarnya, terdapat saat-saat dimana
menemukan sumber daya manusia yang tepat adalah jauh lebih sulit dibandingkan
pada waktu-waktu lainnya.
Sumber-sumber dari SDM yang
tersedia untuk mengisi posisi bisa dikategorikan dengan 2 cara, yaitu:
● Sumber yang berada didalam
organisasi kewirausahaan
Sekelompok karyawan yang
sekarang ada dalam suatu organisasi kewirausahaan adalah satu sumber dari SDM
yang mungkin memiliki kualifikasi terbaik untuk suatu posisi yang kosong.
Walaupun personalia yang ada biasanya bergerak secara lateral dalam suatu
organisasi, sebagian besar gerakan internal biasanya adalah promosi.
●
Sumber
yang berada diluar organisasi kewirausahaan
Jika untuk beberapa alasan suatu
posisi tidak bisa diisi oleh seseorang yang berasal dari dalam organisasi
kewirausahaan, sejumlah sumber calon tenaga kerja tersedia diluar organisasi.
- Motivasi
dalam Kewiraswastaaan
Motivasi merupakan kegiatan yang
mengakibatkan, menyalurkan dan memelihara perilaku manusia., dan merupakan
suatu proses untuk mencoba mempengaruhi seseorang agar melakukan sesuatu yang
kita inginkan. Seorang karyawan mungkin menjalankan pekerjaan yang dibebankan
kepadanya dengan baik, mungkin pula tidak. Maka dari itu hal tersebut merupakan
salah satu tugas dari seorang pimpinan untuk bias memberikan motivasi (dorongan
kepada bawahannya agar bisa bekerja sesuai dengan arahan yang diberikan.
- Bentuk-Bentuk
Komunikasi
● Komunikasi Intrapersonal
Komunikasi intrapersonal
merupakan komunikasi intrapribadi yang artinya komunikasi yang dilakukan kepada
diri sendiri. Proses komunikasi ini terjadi dimulai dari kegiatan menerima
pesan/informasi, mengolah dan menyimpan, juga menghasilkan kembali. Contoh
kegiatan yang dilakukan pada komunikasi interpersonal adalah berdoa, bersyukur,
tafakkur, berimajinasi secara kreatif dan lain sebagainya.
● Komunikasi Interpersonal
Komunikasi interpersonal adalah
komunikasi antarpribadi. Komunikasi ini juga dapat diartikan sebagai proses
pertukaran makna dari orang yang saling berkomunikasi antara satu individu
dengan individu lainnya. Suatu komunikasi interpersonal dapat terjadi apabila
memenuhi kriteria berikut:
-
Melibatkan
perilaku verbal dan nonverbal
-
Adanya
umpan balik pribadi
-
Terjadi
hubungan/interaksi yang berkesinambungan
-
Bersifat
saling persuasif
● Komunikasi Kelompok
Komunikasi kelompok dapat
diartikan sebagai tatap muka dari tiga atau lebih individu guna memperoleh
maksud dan tujuan yang dikehendaki. Seperti berbagi informasi, pemeliharaan
diri atau pemecahan masalah. Komunikasi kelompok merupakan komunikasi yang
dillakkan oleh beberapa orang lain atau sekelompok orang.
Contoh komunikasi kelompok
antara lain kuliah, rapat, briefing, seminar, workshop dan lain-lain. Dalam
komunikasi kelompok, setiap individu yang terlibat dalam kelompok masing-masing
berkomunikasi sesuai dengan peran dan kedudukannya dalam kelompok tersebut.
Pesan atau informasi yang disampaikan juga menyangkut kepentingan seluruh
anggota kelompok dan bukan bersifat pribadi.
● Komunikasi Organisasi
Komunikasi organisasi adalah
komunikasi antarmanusia yang terjadi dalam hubungan organisasi. Komunikasi
organisasi merupakan proses komunikasi yang berlangsung secara formal maupun
nonformal dalam sebuah sistem yang disebut organisasi.
Komunikasi organisasi sering
dijadikan sebagai objek studi sendiri karena luasnya ruang lingkup komunikasi
tersebut. Pada umumnya komunikasi organisasi membahas tentang struktur dan fungsi organisasi, hubungan antarmanusia,
komunikasi dan proses pengorganisasian, serta budaya organisasi.
● Komunikasi Massa
Komunikasi massa merupakan
bentuk komunikasi yang menggunakan saluran (media) dalam menghubungkan
komunikator dan komunikan secara massal, berjumlah banyak, bertempat tinggal
yang jauh, sangat heterogen, dan menimbulkan efek tertentu. Jadi, Komunikasi
massa sebagai pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah
besar orang.
Ciri-ciri komunikasi massa
adalah sebagai berikut:
-
Komunikator
biasanya suatu lembaga media massa
-
Hubungan
antara komunikator dan pemirsa bukan bersifat pribadi
-
Menggunakan
media massa
-
Mediumnya
dapat digunakan oleh orang banyak
-
Komunikan
adalah massa, yang bersifat heterogen
-
Penyebaran
pesan serentak pada saat yang bersamaan
-
Umpan
balik bersifat tidak langsung
-
Pesan
yang disebarkan cendrung tidak langsung berpengaruh terhadap massa
- Teknik Pengembangan Keterampilan
Teknik pengembangan ketrampilan
dalam program pelatihan bisa dibagi menjadi dua kategori luas:
1) teknik dalam jabatan untuk
mengembangkan ketrampilan (on the job techniques for developing skills), dan
2) teknik ruang kelas untuk
mengembangkan ketrampilan (classroom techniques for developing skills). Teknik
pengembangan ketrampilan dalam jabatan biasanya adalah tercantum dalam
pelatihan dalam jabatan (on the job training).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar